Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan
PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

SIKAP
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
c. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
f. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
g. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 
h. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
i. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
j. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 
k. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

PENGUASAAN PENGETAHUAN
a. Menguasai teori-teori dasar kebahasaan 
b. Menguasai teori-teori dasar kesastraaan
c. Menguasai teori-teori dasar keterampilan berbahasa
d. Menguasai teori belajar dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
e. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode, prosedur, dan teknologi informasi), pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
f. Menguasai prinsip psikologi pendidikan serta sosiologi dan antropologi pendidikan
g. Menguasai prinsip manajemen pendidikan untuk mengembangkan kemampuan supervisi dan monitoring
h. Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya
i. Menguasai metodologi penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
j. Menguasai teori-teori dasar jurnalistik
k. Menguasai teori-teori dasar BIPA
l. Mengusai teori-teori dasar penulisan buku

KETERAMPILAN KHUSUS
a. Menerapkan teori-teori kebahasaan dalam analisis kebahasaan untuk keperluan pembelajaran bahasa
b. Menerapkan teori-teori sastra dalam analisis  kesastraan untuk keperluan pembelajaran sastra
c. Menerapkan teori-teori keterampilan berbahasa untuk keperluan pembelajaran bahasa dan sastra
d. Menerapkan teori belajar dan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
e. Menerapkan konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode, prosedur, dan teknologi informasi), pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
f. Menerapkan prinsip psikologi pendidikan serta sosiologi dan antropologi pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia 
g. Menerapkan prinsip manajemen pendidikan untuk melakukan supervisi dan monitoring
h. Menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia
i. Menerapkan metodologi penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam praktik penelitian dan pengkajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
j. Menerapkan teori jurnalistik dalam bidang kewartawanan
k. Menerapkan teori dasar BIPA dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing
l. Menerapkan teori penulisan buku dalam pengembangan buku teks dan nonteks pelajaran

KETERAMPILAN UMUM
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, 
d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
g. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan  supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
i. Mampu mendokumantasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihah dan mencegah plagiasi