Pelatihan dan Sertifikasi LSP Penulisan Buku Nonfiksi dan Penyuntingan Naskah Dosen Sastra Indonesia

Sasindo, UNY, (25-27/4) Dosen Sastra Indonesia FBSB  mengikuti pelatihan penulisan buku nonfiksi dan penyuntingan naskah.  Pelatihan ini diselenggarakan di Hotel Porta Ambarukmo Yogyakarta selama satu hari bagi semua dosen UNY yang bertujuan meningkatkan kreativitas dosen dalam menulis buku, baik buku ajar, buku ilmiah popular atau buku monograf yang berfungsi dalam mendukung pembelajaran.

Pelatihan ini dibuka oleh Dr. Minta Harsana, M.Sc. selaku Kepala Unit Kompetensi dan Pelatihan, DPPK UNY. Dalam sambutannya, mengatakan bahwa UNY akan selalu memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi bagi dosen ataupun tenaga kependidikan  dalam menunjang tugas pokoknya di kampus.

Pembicara utama kegiatan ini yaitu ibu Epik Finilih, seorang penulis, editor profesional, dan konsultan buku di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Paparannya sangat detail dalam penulisan buku nonfiksi dan penyuntingan. Dimulai dengan penjelasan konsep buku definisi lama hingga syang terbaru. Dalam kegiatan ini peserta juga praktik membuat draft buku yang dimulai dengan penggalian ide, dikembangkan dalam peta benak, lalu menyusun matriks ragangan atau kerangka naskah.

Pelatihan  diikuti 92 dosen UNY dari berbagai fakultas. Selanjutnya,  peserta  harus mengikuti sertifikasi atau uji kompetensi di bidang penulisan buku dan penyuntingan naskah yang dilaksanakan dalam 2 hari, 26-27 April bertempat di Gedung DPPK UNY.  Sertifikasi ini dilaksanakan dengan dua metode yaitu metode uji kompetensi dan metode potofolio. Metode uji kompetensi, dengan cara melaksanakan ujian tulis dan wawancara bagi peserta yang belum mempunyai karya. Sedangkan metode potofolio diperkenankan bagi peserta yang sudah mempunyai karya minimal 3 buku. Teknis pelaksanaannya dengan wawancara dan membawa hasil karya dihadapan asesor.

Pelatihan-pelatihan seperti ini diharapkan terus berkelanjutan, karena memang sangat bermanfaat bagi dosen dalam memotivasi dan mengembangkan keilmuan yang diwujudkan dalam karya-karya buku. Adapun produknya secara khusus dapat bermanfaat oleh mahasiswa dalam menempuh studinya, dan secara umum bermanfaat untuk masyarakat dalam membuka cakrawala dunia.(Mrs)

Label Berita: