Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa tehadap Layanan Kemahasiswaan Tahun 2023/2024

Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa tehadap Layanan Kemahasiswaan Tahun 2023/2024

Pelaksanakan e-monev (monitoring dan evaluasi secara daring) 2023/2024 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan. Responden survei emonev adalah para seluruh mahasiswa aktif Prodi Sastra Indonesia. Emonev. Mahasiswa memberikan evaluasi pada pelayanan kemahasiswaan pada 2023/2024. Skor yang diberikan adalah 1—4 yang mewakili kategori sangat tidak puas, tidak puas, puas, dan sangat puas. Laporan ini  memberikan deskripsi data dengan harapan lebih mudah dipahami dan untuk ditindaklanjuti lembaga.  Berikut Rangkuman Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa 2023/2024.

 

A. Jumlah Responden yang Memberi Masukan/ Persentase Pengisian Angket

Hasil perolehan skor rerata e-monev kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan pada 2023/2024 adalah 2,975 yang dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini.

 

Gambar di atas menampilkan data jumlah total responden yang mengisi survei e-monev di prodi Sastra Indonesia, yaitu 204 dari jumlah keseluruhan mahasiswa aktif berjumlah 641 orang. Hal itu menunjukkan lebih sedikit mahasiswa yang sudah mengisi angket. Angket survei yang terkumpul adalah 31,8 % dan 68,2% sisanya belum mengisi.

 

B. Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Kemahasiswaan

Berikut adalah instrumen survei untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa.

Berdasarkan hasil e-monev, nilai rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap setiap instrumen adalah  puas, yaitu 3,33. Adapun rincian nilai rata-rata kepuasan adalah sebagai berikut: nilai rata-rata kepuasan terhadap sistem seleksi masuk mahasiswa baru prodi adalah 3,4. Nilai rata-rata kepuasan terhadap layanan kemahasiswaan di bidang penalaran (contoh: penelitian: inovasi teknologi, karya tulis, pkm, jurnalistik, debat, dll.) adalah 3,3. Nilai rata-rata kepuasan terhadap layanan kemahasiswaan di bidang minat (contoh: organisasi mahasiswa di bidang koperasi, keagamaan, resimen mahasiswa, dll) adalah 3,3. Nilai rata-rata kepuasan terhadap layanan kemahasiswaan di bidang bakat (contoh: bakat seni, olahraga, dll) adalah 3,4. Nilai rata-rata kepuasan terhadap layanan kemahasiswaan pada bidang bimbingan karier, penyiapan untuk memperoleh pekerjaan, dan penyaluran lulusan ke tempat kerja adalah 3,4. Nilai rata-rata kepuasan terhadap layanan bimbingan keprofesian pada mahasiswa adalah 3,3. Nilai rata-rata kepuasan terhadap layanan kewirausahaan untuk mahasiswa adalah 3,3. Nilai rata-rata kepuasan terhadap layanan kesejahteraan mahasiswa (beasiswa, kesehatan, dan bimbingan konseling) adalah 3,3.

 

C. Rekomendasi

Berdasarkan uraian tentang hasil e-monev  ini, mahasiswa Prodi Sastra Indonesia menilai bahwa layanan kemahasiswaan cukup memuaskan. Namun, masih ada beberapa instrumen yang perlu ditingkatkan pelayanannya. Prodi dan fakultas dapat bekerjasama dengan lebih sinergis untuk meningkatkan layanan kemahasiswaan sehingga mahasiswa terdukung baik dalam perkuliahan, pembimbingan, maupun fasilitas akademik lainnya.